Senin, 27 Februari 2017


Assalammualaikum Akhun,Ukhtun.......

Menurut saya pribadi belajar bahasa Arab merupakan kebanggaan tersendiri. Karena bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Al qur’an dan sudah menjadi identitas bagi agama Islam, bahasa Arab juga merupakan bahasa tertua sekaligus bahasa internasional yang dituturkan oleh banyak orang khususnya di Timur Tengah.
Konon bahasa Arab   termasuk rumpun bahasa Semit dan merupakan salah satu bahasa tertua yang masih bertahan sejak hari ini. Atau bahkan ada yang mengatakan juga bahwa bahasa Arab merupakan nenek moyangnya semua bahasa.
Image result for animasi bahasa arab

Tapi kali ini kita tidak membahas banyak tentang keutamaan Bahasa Arab, Saya anggap anda yang membaca artikel ini sudah tahu sekali tentang keutamaan bahasa Arab. Jadi sekarang kita hanya akan focus membahas Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula.

1. Belajar Bahasa Arab Pada  Guru

Walaupun kata orang belajar tidak selalunya harus bersama guru, tapi saya tetap menyarankan kalian untuk memiliki seorang guru. Usakan cari guru yang memiliki kapasitas yang cukup mumpuni serta memiliki pengalaman mengajarkan bahasa Arab. 

Jika tidak bisa, kalian juga dapat menjadikan teman kalian yang mungkin lebih mengerti dengan bahasa arab dan lebih leluasa dalam bertanya

2. Gunakan Buku Bahasa Arab Untuk Non Arab

Sekarang ini sudah banyak buku pelajaran bahasa Arab yang didesain khusus untuk mereka yang bukan orang Arab. Buku jenis ini sangat dianjurkan karena lebih mudah difahami daripada buku-buku pelajaran bahasa Arab biasa.

Biasanya dalam buku jenis tersebut, anda akan lebih diajak mengerahkan semua komponen kecerdasan berbahasa. Mulai dari mendengar, membaca, berbicara dan menulis.



3. Perbanyak Hafalan Kosakata

Kosakata bisa diibaratkan peluru yang keluar dari mulut senjata. Jika tidak punya hafalan kosakata ya bagaimana kita mau bicara ?

Makanya aneh jika seorang ingin cepat menguasai bahasa Arab tapi malas menghafal kosakata. Padahal itu pokok, dan bahasa Arab sendiri terkenal dengan banyaknya antonim untuk setiap katanya.
Mulailah dengan menghafal kata benda yang ada di sekeliling kita. Mulai dari sekeliling kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, sekolah, pasar dan lain sebagainya.

Adapun untuk kata kerja  bahasa Arab (fi'il), sebaiknya anda batasi dulu jumlahnya. Hal ini karena kata kerja dalam bahasa Arab memiliki tingkat kesulitan yang cukup lumayan. Terutama pada tashrif atau perubahan struktur kata yang dipengaruhi oleh kata ganti (dhomir) dan lain-lain.


4. Mulai Praktik

Ketika anda mendapatkan pelajaran bahasa Arab anda yang pertama, maka saat itupula anda harus mempraktikannya. Anda dapat memulai praktik dengan cara fahami, tirukan dan modifikasi.dan mulailah untuk mengucapkannya bersama guru, teman ataupun kerabat kalian agar perlahan-lahan anda bisa berbahasa arab



Oke, mungkin itu saja beberapa tips atau Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula. Dari sekian poin yang saya sebutkan sebenarnya ada point penting yang sengaja tidak saya sebutkan. Yaitu niat dan kemuan yang tinggi. Niat yang tulus dan kemauan yang tinggi adalah titik tolak dimana seseorang akan mulai melangkah. Jadi kuatkan dulu niat dan kemauan anda baru mulailah belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar